/Yurakucho

Yurakucho

Yurakucho adalah distrik yang terletak tepat di tengah Tokyo dan berdekatan dengan Ginza. Yurakucho menawarkan banyak tempat untuk makan dan juga shopping dengan harga yang terjangkau dan juga nuasa tradisional dan santai dibandingkan Ginza, yang jauh lebih modern,berkelas,dan mahal. Nama Yurakucho diambil dari “Uraku” (dari nama ‘urakusai’) dan “cho” (yang artinya ‘kota’).

Yang menarik, Yurakucho mempunyai satu daerah terkenal bernama Gado-shita yang artinya “dibawah bendul/balok penumpang.” Gado-Shita, sesuai namanya, dibawah rel kereta jalur JR Yamanote dan mempunyai banyak fasilitas seperti restoran, toko kopi, dan toko ramen. Restoran di Gado-shita biasanya menawarkan izakaya (bar ala Jepang) dan juga restoran yakitori tetapi kamu bisa menemui restoran lain seperti toko kopi, restoran fast-food, dan yakiniku. Biasanya karyawan Jepang bersantai di izakaya bersama rekan kerja setelah kerja dan didampingi dengan bir dingin dan makanan ringan seperti yakitori. Gado-Shita bisa mencakup beberapa ratus meter dari stasiun Yurakucho bagian utara dan selatan dan juga sampai ke Stasiun Tokyo.

Jika kamu lebih suka restoran lain dan lebih berkelas, kamu bisa ke barat laut stasiun Yurakucho. Disana kamu bisa menemui banyak restoran luar seperti bar anggur perancis dan restoran italia.

Di stasiun Yurakucho bagian timur, kamu bisa ke Ginza melewati alun-alun yang sedang mengalami perombakan untuk membuat jalanan lebih ramah buat pejalan kaki dan juga ruangan yang lebih terbuka dibandingkan Gado-shita. Alun-alun di sekitar itu menawarkan banyak jenis toko seperti toko swalayan Lumine dan toko swalayan khusus cowok bernama Hankyu’s Men’s sedangkan bagian barat stasiun Yurakucho terkenal untuk Tokyo International Forum yang penuh dengan karya seni dan biasanya digunakan sebagai tempat untuk acara, dan toko elektronik terbesar bernama Bic Camera yang bisa mencakup 8 lantai.

Jika kamu mau melihat Ginza, kamu juga bisa jalan dari Marunouchi atau keluar dari kereta di stasiun Yurakucho, dimana kamu bisa menemui tempat makan yang murah dan area berbelanja yang bagus. Selain itu, Yurakucho juga ada festival bernama Yurakucho Uchimizu Week yang diselenggarakan pada minggu pertama Agustus. Yurakucho Uchimizu Week adalah tradisi melempar air untuk higenis dan juga mendinginkan dingin pada musim panas. Yurakucho Uchimizu Week juga ada banyak aktivitas seperti permainan band di jalanan baik tradisional maupun kontemporari.

Daerah Yurakucho mengelilingi stasiun Yurakucho di jalur kereta JR Yamanote, JR-Keihin Tohoku, dan jalur kereta-api bawah tanah Yurakucho. Daerah Yurakucho juga bisa diakses melalui stasiun Ginza dari jalur kereta-api bawah tanah Marunouchi dan Hibiya, dan stasiun Hibiya di jalur kereta-api bawah tanah Hibiya.

Yurakucho sangat cocok untuk mencari makanan khas jepang tanpa harus mengeluarkan biaya mahal dan juga untuk berbelanja dengan harga terjangkau.